Saturday 8 August 2020

Lose Focus

 Pernah ga sih kalian lagi ngerjain tugas atau belajar untuk persiapan ulangan besok, tapi selalu merasa males gitu atau merasa sesuatu ngeganjel di pikiran. Mungkin merasa lapar, ngantuk, nungguin pesan dari doi, atau ingin main game sekali lagi hanya satu jam. Akhirnya ga jadi deh ngerjain tugasnya.

Sikap ini disebut kehilangan fokus karena kita akan selalu terdistraksi oleh hal sekitar. Hal ini umum banget buat manusia dari anak-anak sampai lansia, tapi bukan berarti harus di biarin aja yaa!  Sikap ini ga baik, makanya kita harus bisa menahan diri atau menghindari memikirkan hal diatas selama menegerjakan tugas.

Sebelum kita cari solusi nya, kita liat dulu yuk refrensinya dari Stanford marshmallow experiment.

Di tahun 1972 professor dari Stanford melakukan eksperimen terhadap anak kecil, mereka ditaro di suatu ruangan yang di dalamnya terdapat 1 buah marshmallow. Mereka dibilangin “kalo kamu tidak memakan marshmallow ini selama 10 menit, saya akan kasih marshmallow kedua”. Ada yang tahan, tapi ada juga yang engga.

Beberapa tahun kemudian, para peneliti dari Stanford mengulang lagi penelitiannya sama anak-anak yang ikut eksperimen marshmallow, yang udah mulai dewasa. Ternyata anak- anak yang menahan lebih lama memakan marshmallow cenderung memiliki tingkat kehidupan lebih baik, mendapatkan nilai lebih tinggi, dan dapat mencapai kesuksesan lebih mudah.

Tau darimana yaa?

Para peneliti mengetahui bahwa anak-anak tersebut tidak berusaha menahan diri, melainkan mereka berusaha untuk menjauhkan diri dari marshmallow tersebut seperti menutup mata mereka, membuat permainan sendiri, dll. Dengan ini mereka simpulkan, bahwa lebih baik untuk menghindar dari pemicu untuk melakukan sesuatu. Pada contoh diatas yaitu keinginan untuk memakan, karena jika kita terkena pemicu tersebut kita akan memikirkan hal tersebut dan lama-kelamaan akan frustasi yang dapat kehilangan fokus.

Nahh kesimpulan penelitian ini cocok banget buat kita yang suka kehilangan fokus karena ga bisa nahan diri. Jadi yang harus kita lakukan adalah menghindari diri kita dari keinginan main hp, rebahan, jalan-jalan, dengan menciptakan kegiatan kita sendiri yaitu matiin hp, nolak diajak jalan-jalan dan langsung fokus mengerjakan tugas sekolah Intinya harus bisa fokus sama kewajiban kita ya gaes, jangan gampang ke distract.


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 comments:

Post a Comment

Contact Us

Phone :

+62 8118778605

Address :

Duren Sawit
Jakarta Timur

Email :

email_support@youradress.com

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive